Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga oleh BKKBN di Kampung KB Pekon Tanjung Anom

27 April 2021
IZMIANTORO
Dibaca 142 Kali
Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga oleh BKKBN di Kampung KB Pekon Tanjung Anom

PRINGSEWU-TANJUNG ANOM, Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Akseptor bagi Kelompok UPPKA di Kampung KB Percontohan Pekon Tanjung Anom, Kecamatan Ambarawa.

Salah satu gerakan pemberdayaan ekonomi keluarga yang cukup dikenal hens dan secara historis berkaitan dengan program keluarga berencana adalah UPPKS. Program UPPKS semula bernama UPPKA-KB yang dimulai sejak tahun 1976. Program ini awalnya diarahkan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga akseptor. Program ini kemudian berganti nama menjadi UPPKS dengan sasaran yang lebih luas yaitu keluarga akseptor dan bukan akseptor. Program UPPKS pada prinsipnya adalah suatu usaha untuk meningkatkan fungsi ekonomi keluarga untuk mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS).

Kunjungan ini dihadiri oleh :

  1. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung yang mewakili Ibu Hermina, SH, M.H selaku Koordinator bidang KSPK Provinsi Lampung
  2. Kepala Dinas P3AP2KB yang diwakili oleh Bapak Sekretaris Dinas P3AP2KB Nuriyanto, S.Si.,Apt.,M.Kes
  3. Bapak Kepala Bidang Keluarga Berencana & Keluarga Sejahtera yang diwakili oleh Ibu Ibu Yuli Saptikawati, S.Pd,.MM
  4. Seluruh Pengurus dan anggota kelompok UPPKA Mawar Pekon Tanjung Anom

Sasaran program orientasi pemberdayaan ekonomi keluarga akseptor adalah : Peserta KB Lestari dan Mandiri, Kader UPPKA, dan Masyarakat secara umumnya.

Secara khusus, program UPPKS ditujukan kepada pemberdayaan ibu rumah tangga. Melalui program ini, ibu melakukan kegiatan usaha produktif atau ekonomi dengan kemudahan akses pada modal (kredit Takesra/Kukesra) sehingga dapat - memberikan sumbangan bagi pendapatan keluarga. Sebagai dorongan untuk mengembangkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui produk2 dan mampu menghasilkan kemajuan ekonomi keluarga supaya sejahtera. Ucap Ibu Hermina, SH, M.H

Dengan pemberian Alat teknologi tepat guna (ATTB) yg diberikan sesuai dengan kebutuhan dengan kelompok UPPKA di Pekon Tanjung Anom, berupa  Kompor Mawar, Mixer, Alat Pengemasan, Spinner, dan Alat pengering makanan. Cakupan usaha ini mehputi Pelaju Keluarga (Petik, olah, Jual dan Untung oleh Kelaurga), Pemaju-Keluarga (Proses, Kemas, Jual. dan Untung oleh Keluarga), Penguja-Keluarga (Pengembangan Usaha untuk dan oleh Keluarga). Melalui hasil Produksi UPPKA diantaranya aneka macam keripik, opak singkong, kerajinan keset dan kerajinan lainya, agar dapat meningkatkan dan mengembagkan hasil produk unggulan pekon tanjung anom.

Proses perencanaan yang baik dalam implementasi program,sehingga dalam membuat perencanaan pemberdayaan ekonomi. Melalui pelaksanaan program pemberdayaan ekoonomi, diharapkan adanya manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, khususnya kader UPPKA, peserta KB maupun non dampingan atau penerima manfaat langsung. hal ini supaya terciptanya keterlibatan dari komunitas unutk terlibat dan mendukung kegiatan pemberdayaan ekomoni, sehingga berdampak bagi orang lain. Pungkas Dra. Sri Rejeki Wh. MiP selaku Sub Bidang Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Keluarga. (27/04/2021).