Gubernur Lampung Menyerahkan Dana Hibah Kepada Seluruh Desa dan Kelurahan Untuk Peningkatan Kapasitas Program Smart Village

05 Desember 2023
IZMIANTORO
Dibaca 87 Kali
Gubernur Lampung Menyerahkan Dana Hibah Kepada Seluruh Desa dan Kelurahan Untuk Peningkatan Kapasitas Program Smart Village

Bandar Lampung, 05 Desember 2023 – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menyerahkan dana hibah kepada desa-kelurahan di seluruh wilayah Lampung untuk meningkatkan kapasitas program Smart Village di Gedung Bagas Raya, Bandar Lampung pada kegiatan Rapat Koordinasi Kepala Desa Se-provinsi Lampung, Selasa (05/12/2023).

 

Dana Hibah yang diserahkan sebesar Rp 15.906.000.000 (Rp 15,9 miliar) yang akan digunakan untu bantuan kepada seluruh desa dan kelurahan yang ada di Lampung. Bantuan ini merupakan komitmen pemerintah provinsi Lampung dalam mengembangkan desa-desa cerdas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Total ada sebanyak 2.446 desa dan 205 kelurahan se- Provinsi Lampung yang mendapatkan bantuan dengan masing-masing bantuan Rp. 6 juta per desa/kelurahan.

Gubernur Lampung Menyerahkan Dana Hibah Kepada Seluruh Desa di se-Lampung

Gubernur Arinal menjelaskan, bantuan ini diberikan sebagai upaya untuk peningkatan program kerjanya yakni Smart Village atau desa digital. program Smart Village dalam implementasinya berpijak pada 3 pilar utama yaitu Smart Government, Smart Economy, dan Smart People.

 

“Program Smart Village yang sudah dijalankan selama ini telah membuat berbagai inovasi , seperti : elektronik samsat desa (E-Samdes) yang memudahkan masyarakat desa untuk membayar pajak kendaraan bermotor di BUMDes. Pemilihan kepala desa secara Elektronik (E-Voting), integrasi program Kartu Petani Berjaya, Kerja sama BUMDes dengan PT Kimia Farma (Warung Sehat), Kerja sama dengan Badan Pusat Statistik program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) serta pemberian pinjaman khusus kepala desa di Bank Lampung.” Lanjutnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas PMDT Zaidirina menyampaikan bahwa program tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah provinsi Lampung dalam mendorong digitalisasi desa. Melalui pemanfaatan teknologi, diharapkan desa-desa di Provinsi Lampung dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, mempercepat proses pembangunan, serta mengurangi kesenjangan antara desa dan kota.