Profil Masyarakat Pekon

29 Maret 2020
IZMIANTORO
Dibaca 790 Kali

Berdasarkan data Pekon pada bulan Februari 2020, jumlah penduduk Pekon Tanjung Anom sebanyak 2446 orang. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 709 KK.

Jumlah penduduk Pekon Terong usia produktif pada tahun 2019 adalah 2746 orang. Jumlah angkatan kerja tersebut jika dilihat berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No.

Angkatan Kerja

L

P

Jumlah

1

Tidak Tamat SD

59

56

115

2

SD

344

250

594

3

SLTP

290

342

632

4

SLTA

214

217

431

5

Akademi

13

11

24

6

Perguruan Tinggi

23

18

41

Jumlah Total

943

894

1837

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Tanjung Anom sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukung Tetangga (RT) dan pedukuhan memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Tanjung Anom kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Tanjung Anom terafiliasi pada organisasi kemasyarakat Islam Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, dan Lembaga Dakwah Islamnya Indonesia (LDII).

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap pedukuhan akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Desa Tanjung Anom yang tergabung dalam kelompok pegiat PATBM dan Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk isu demokrasi kepada warga, penguatan ekonomi produktif, pelatihan penanggulangan bencana, dan kampanye Gerakan Remaja Sayang Ibu (GEMAS).

Sejumlah penduduk Desa Tanjung Anom bekerja merantau di daerah di luar Lampung. Namun, ikatan sosial mereka terhadap tanah kelahiran tetap tinggi. Penduduk asli Desa Tanjung Anom yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya misalnya, mereka membentuk paguyuban untuk memelihara silaturahmi antar sesama warga perantauan. Setiap bulan diadakan kegiatan arisan keliling secara bergilir di setiap tempat anggotanya. Setiap dua tahun sekali diadakan pula kegiatan mudik bersama ke kampung halaman di Desa Tanjung Anom

Profil politik masyarakat

Warga Desa Tanjung Anom dikenal sebagai kelompok masyarakat yang cukup aktif dan memiliki potensi tinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini cukup banyak jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Ambarawa, Pringsewu.

Warga Desa Tanjung Anom sangat aktif dalam mengawal proses penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kabupaten Pringsewu. Kepala Desa Tanjung Anom  Muhyidin merupakan Warga Pekon Bumi Ratu sangat aktif dalam mengawal proses penyusunan Rancangan Peraturan Pekon. Banyak warga Pekon Bumi Ratu yang tergabung dalam kelompok pengrajin dan aktif dalam beragam kegiatan serta turut mendukung pembangunan di Pekon Bumi Ratu. Kepala Pekon Bumi Ratu "MUHYIDIN" merupakan Anggota Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Kecamatan Ambarawa. 

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Tanjung Anom adalah tidak imbangnya jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Sekalipun jumlah pengangguran di Desa Tanjung Anom pada Tahun 2019 hanya 157 orang tetapi kebanyakan mereka bekerja di luar Pekon. Jadi, perlu gerakan kembali ke Pekon serta menarik sumber-sumber ekonomi ke desa agar pencari kerja tidak banyak tersedot ke luar Desa.

 

Sumber:
Laporan Pertanggung Jawaban Lurah Desa Tanjung Anom , Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu tahun 2019.