Peresmian Rumah Dataku Kampung KB Pekon Tanjung Anom

11 Juni 2020
IZMIANTORO
Dibaca 279 Kali
Peresmian Rumah Dataku Kampung KB Pekon Tanjung Anom

TANJUNGANOM – Info, Peresmian Rumah Data Kependuduk “Rumah Dataku” Kampung KB Pekon Tanjunganom Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung yang oleh Kepala P3AP2KB Provinsi Lampung, Purhadi, S.Sos. M.kes. Rabu, (10/06/2020).

Purhadi meresmikan rumah data kependudukan (Rumah Dataku) di Desa Tanjunganom Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu, sebagai percontohan Berbasis Online, program yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Lampung

Diketahui Rumah Data kependudukan “Rumah Dataku” sebagai kelanjutan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) yang diusung Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) sebagai percontohan program yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) di kabupaten Pringsewu gencar dilakukan. 

Baca juga:


"Rumah Dataku difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan. Data yang dimaksud mencakup sistem pemanfaatan data kependudukan mulai dari mengunduh, membaca, mengidentifikasi memverifikasi dan menentukan pilihan data kependudukan," kata Erismon usai meresmikan Rumah Dataku, Rabu (10/06/2020).

"Saya ingin ini menjadi contoh bagi desa lain, agar pengelolaan Kampung KB bisa sukses dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan ini menjadi tanggung jawab kita semua," sambung dia.

Sementara itu, Kasubbid Analisis Dampak Kependudukan (BKKBN) Lampung, Susanto, M.Pd. menjelaskan, Rumah Dataku merupakan model solusi strategis penanganan permasalahan kependudukan di Kampung KB.

“Dengan adanya Rumah Dataku ini, semakin banyak hal yang bisa diketahui untuk takaran pembangunan tingkat desa. Karna rumah dataku ini menjadi salah satu dari sekian pendataan yang bisa disajikan saat Musyawarah Desa nantinya. Tentunya ini menjadi acuan Musrembang nanti.”

"Selain itu juga sebagai upaya peningkatan tata kelola data, terutama di level mikro, sehingga data-data tersebut terintegrasi dengan sumber data lain untuk pemanfaatan dan intervensi program pembangunan," jelasnya.

Peresmian ini dihadiri langsung oleh Camat Ambarawa, Sutikno, SE