Geber PSN Gerakan Bersama Pemberantasan sarang nyamuk

21 Februari 2023
IZMIANTORO
Dibaca 750 Kali

Pada hari ini Jumat (17/02/2023) sedang dilaksanakan GEBER PSN atau Gerakan Bersama Pemberantasan Sarang Nyamuk. Gerakan ini merupakan upaya pencegahan penularan penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus dengue tipe 1-4. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus, yang sebelumnya terinfeksi virus dengue dari penderita DBD lainnya. . Di Indonesia, vektor atau pembawa virusnya kebanyakan nyamuk Aedes aegypti betina. Nyamuk ini pun dikenal sebagai nyamuk DBD. Ciri-ciri nyamuk DBD : - Warna tubuh nyamuk cokelat kehitaman - Ukuran tubuhnya tiga sampai empat centimeter - Tubuh dan tungkainya ditutupi sisik bergaris putih keperakan - Di bagian punggungnya terdapat dua garis vertikal di sisi kiri dan kanan - Sisik tubuh nyamuk terkadang rontok pada nyamuk betina yang sudah tua. - Ukuran dan warna tubuh nyamuk DBD dapat bervariasi, tergantung kondisi lingkungan dan nutrisinya. . Berbeda dari nyamuk kebun yang suka tinggal di luar rumah, nyamuk Aedes aegypti suka tinggal di tempat yang sejuk dan lembab. Salah satu tempat favoritnya adalah menyelinap di sela-sela barang yang bergelantungan di kamar.

 

Nyamuk DBD kebanyakan umurnya hanya bertahan sepuluh hari. Paling lama dua sampai tiga minggu. Sekali bertelur, nyamuk ini bisa menghasilkan 200-400 bakal anakan. Berbeda dengan nyamuk lain, perindukan nyamuk DBD di air bersih atau di genangan air jernih yang tidak gampang terusik, misalkan wadah barang bekas di pekarangan, talang atau tempat penampungan air, tempayan, sampai baki penampungan air di dalam kulkas. Sedangkan jarak terbang nyamuk Aedes aegypti bisa mencapai 100 meter. . Cegah penyebaran DBD dengan 3M plus. PSN adalah sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus.

3M Plus terdiri dari :

1. Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain

2. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya

3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah. (+) Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti :

✓ Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan

✓ Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk

✓ Menggunakan kelambu saat tidur

✓ Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk

✓ Menanam tanaman pengusir nyamuk

✓ Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah

✓ Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.